Monday, October 10, 2011

Manajemen Dan Organisasi


Pengertian Manajemen!

Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan Perencanaan, pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, melalui pemanfaatan SDM dan SD yang lainnya.
Fungsi manajemen yang utama antara lain :

a.      Perencanaan(Planning)
Fungsi yang utama dan yang terpenting, digunakan agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masyarakat. Perlunya perencanaan antara lain untuk:
·        Untuk menidentifikasi peluang masa depan.
·        Antisipasi atau menghindari masalah masa depan.
·        Untuk mengembangkan langkkah-langkah strategi.

Dalam prakteknya apa saja yang direncanakan ?
·        Produk, berapa: jenis, jumlah, kualitas.
·        Dana, berapa: jumlah dan sumber dana.
·        Karyawan, berapa: jumlah, keahlian karyawan.

Sunday, October 9, 2011

Pengertian Organisasi


Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatuwadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu social, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu pengetahuan, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen.

Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasrnya digunakan sebagai wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali. Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan..

Tugas 1 Pengantar Telematika

1. Pengertian Telematika

Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan informatika. Karena kekhususan penelitian dalam bidang penelitian seperti: Digital signal processing, Network programming, Managemen Telekomunikasi: Routing, security, dll. Sentral telepon, router, switch, VoIP dll. Interoperabilitas: pensinyalan, operating system dan data base. Fiber optics, Network performance and Qos. Pengembangan software, dll

Telematika, berasal dari istilah dalam bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Pertama kali memperkenalkan kata ini adalah penulis buku berjudul “L’informatisation de la Societe” yaitu Simon Nora dan Alain Minc pada tahun 1978. Istilah telematika dari segi hukum adalah perkembangan sistem elektronik berbasis digital antara teknologi informasi dan media yang awalnya masing – masing berkembang secara terpisah. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah “konvergensi”. Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu. Menurut Wikipedia, Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika