Tuesday, April 24, 2012

Aplikasi GIS Bidang Transportasi

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PRASARANA TRANSPORTASI

Salah satu contoh penerapan aplikasi GIS di bidang trasportasi yaitu Kementrian Perhubungan. Dengan berbasis web, aplikasi tersebut dapat diakses melalui internet dengan alamat GIS Dephub.

Kementerian Perhubungan membangun Sistem Informasi Geografis (SIG) Prasarana Transportasi sebagai simpul yang berperan dalam pengumpulan, pengolahan serta penyajian data baik yang bersifat spasial maupun non – spasial.



Aplikasi peta di atas adalah salah satu contoh layanan peta prasarana transportasi berbasis web yang dipublikasikan oleh Pusat Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Perhubungan. Layer Peta Dasar yang digunakan didapat dari Web Map Service Google inc. Layer Prasarana Transportasi diambil dari layanan Map Service Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang terintegrasi dengan SIG Prasarana Transportasi Kemenhub secara keseluruhan, sehingga data tersebut merupakan data terbaru dan resmi.

Selain layanan peta berbasis web, melalui portal ini, masyarakat maupun instansi lain dapat memanfaatkan layanan Web Map Service yang dapat di-interoperabilitaskan dengan aplikasi lainnya. Portal ini juga merupakan salah satu bentuk partisipasi Kementerian Perhubungan dalam simpul Jaringan Data Spasial Nasional berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 85 Tahun 2007.

Portal ini juga menyajikan data prasarana perhubungan berbentuk tabular seperti data terminal, bandara, pelabuhan dll. Serta data-data statistik secara on-line terkait prasarana transportasi dan beberapa data pendukung terkait. Data-data tersebut berbentuk data tabular, grafik dan spasial.

Berikut ini layanan yang disediakan pada aplikasi GIS tersebut:
Peta Prasarana Transportasi Perhubungan

Pemetaan prasarana perhubungan yang dipisahkan berdasarkan moda transportasinya yakni darat, laut, udara dan keretaapi. Dari masing-masing moda transportasi tersebut terdapat beberapa jenis prasarana transportasi terkait.

Peta ditampilkan dengan menggabungkan beberapa layer termasuk layer peta dasar wilayah administratif Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Web Map Service Kementerian Perhubungan

Web Map Service (WMS) adalah protokol standar untuk melayani images peta bergeoreferensi melalui internet yang dihasilkan oleh server peta (map server) menggunakan data dari database SIG. Spesifikasi ini dikembangkan dan diterbitkan pertama kali oleh Open Geospatial Consortium (OGC) pada tahun 1999.

Kementerian Perhubungan sebagai salah satu simpul dari Jaringan Data Spasial Nasional (JDSN), melalui Pusat Data dan Informasi menerbitkan WMS terkait prasarana transportasi perhubungan di wilayah Republik Indonesia. WMS tersebut dapat di-interoperabilitaskan dengan aplikasi berbasis web baik di dalam maupun di luar lingkungan Kementerian Perhubungan dan bertautan dengan JDSN. Salah satu contoh website yang memanfaatkan WMS Kemenhub adalah www.InformasiBandara.org.

Simpul Jaringan Data Spasial Nasional

Sistem Informasi Geografis Prasarana Transportasi, sebagai salah satu simpul dari Jaringan Data Spasial Nasional (JDSN), merupakan langkah yang strategis dalam pembangunan infrastruktur data spasial nasional. Tautan di bawah ini merupakan tautan yang mengaitkan JDSN di masing-masing instansi pemerintahan.



Statistik Perhubungan

Sektor Perhubungan adalah salah satu sektor yang penting dan menentukan dalam menunjang suksesnya pelaksanaan pembangunan di Indonesia. Untuk mengetahui kinerja Sektor Perhubungan dapat dilihat melalui data-data yang terdokumentasikan.

Halaman ini menampilkan data-data statistik secara on-line terkait prasarana transportasi dan beberapa data pendukung terkait. Data-data tersebut berbentuk data tabular, grafik dan spasial. Data-data statistik tersebut terdiri dari:

  • Perhubungan Darat
  • Statistik Perhubungan Laut
  • Statistik Perhubungan Udara
  • Statistik Perhubungan Perkeretaapian
  • Data Pendukung
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai data-data diatas dapat menghubungi gis@dephub.go.id

Data Prasarana Perhubungan

Menampilkan Data Prasarana Perhubungan secara tabular. Anda dapat mencari data prasarana berdasarkan kata kunci nama prasarana, provinsi, nama kota, serta pengelola data yang berwenang atas prasarana tersebut.

Data-data yang disajikan diantaranya adalah:

Prasarana Transportasi Darat
  • Terminal
  • Penyeberangan
  • UPPKB
Prasarana Transportasi Laut
  • Pelabuhan
Prasarana Transportasi Udara
  • Bandara
Prasarana Transportasi Keretaapi
  • Stasiun Keretaapi

2 comments:

Unknown said...

Infonya bermanfaat, thanks udah share sob !!


bisnistiket.co.id

Unknown said...

Aplikasi GIS Bidang Transportasi sangat bermanfaat bagi penggunanya sebagai simpul yang berperan dalam pengumpulan, pengolahan serta penyajian data baik yang bersifat spasial maupun non – spasial.tks atas infonya

kunjungi juga website kampus saya :http://www.atmaluhur.ac.id/ dan
juga website saya : https://harmoko.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/