Komunikasi adalah
suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok,
organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar
terhubung dengan lingkungan dan orang lai. Secara umum komunikasi
adalah suatu proses penyampaian informasi(ide, gagasan, juga pesan)
dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Pada umumnya komunikasi
dilakukan secara verbal atau lisan yang dapat dimengeri oleh kedua
pihak atau lebih. Adapula komunikasi yang dilakukan secara on-verbal
yaitu dengan menggunakan bahasa tubuh atau body language seperti
menggerakkan badan atau menunjukkan sikap tertentu.
Pengertian
komunikasi menurut para ahli:
1. Everett M.
Rogers, komunikasi adalah proses di mana suatu ide dialihkan dari
sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah
tingkah laku mereka.
2. Rogers &
D. Lawrence Kincaid, komunikasi adalah di mana suatu proses di mana
dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi
dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling
pengertian yang mendalam.
3. Shannon &
Weaver, komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling
mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak
terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verba, tetapi juga
dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni dan teknologi.
4. David K. Berlo,
komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial yang berguna untuk
mengetahui dan memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui
keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan dengan
masyarakat.
5. Harorl D.
Lasswell, komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang
menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa?
dengan akibat apa atau hasilnya apa?
Unsur-unsur
komunikasi:
1. Pengirim pesan
(komunikator)
2. Penerima pesan
(komunikan)
3. Pesan itu
sendiri
Berikut adalah
hambatan-hambatan komunikasi:
1. Perbedaan
Persepsi yaitu setiap orang memiliki kemampuan yang tidak sama dalam
hal mengartikan sebuah pesan atau ungkapan. Perbedaan persepsi inilah
yang menjadi alasan mengapa dua pihak terlibat konflik.
2. Perbedaan
Budaya yang juga sering menjadi salah satu penghambat dalam
komunikasi, terlebih bila masing-masing pihak tidak mengerti bahasa
yang digunakan.
3. Karakter Dasar,
karakter dasar manusia pada dasarnya koleris, melankolis, plegmatis,
dan sanguini. Keempatnya inilah yang menjadi perbedaan karakter yang
memang kadang-kadang menjad ipenghambat komunikasi.
4. Kondisi
misalnya kondisi saat berkomunikasi dengan kawan bicara juga menjadi
sebab kesalahpahaman terjadi. Bisa saja saat komunikasi anatara dua
pihak sedang terjadi, pihak pertama sedang dalam kondisi yang tidak
enak, akibatnya kondisi yang tidak enak tersebut mempengaruhi cara
penangkapan pesan dari kawan bicara sehingga terjadilah
kesalahpahaman.
Beberapa
klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa
segi :
1.Dari segi
sifatnya :
a. Komunikasi
Lisan komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara
cth: ngobrol,
presentasi
b. Komunukasi
Tertulis komunikasi melalui tulisan
Cth: sms, email ,
c. Komunikasi
Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
cth: ngobrol,
curhat
d. Komunikasi Non
Verbal komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat)
cth: orang yang
grogi gemetar tubuhnya
2. Dari segi
arahnya :
a. Komunikasi Ke
atas komunikasi dari bawahan ke atasan
b. Komunikasi Ke
bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
c. Komunikasi
Horizontal komunikasi ke sesama manusia / setingkat
d. Komunikasi Satu
Arah pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
e. Komunikasi Dua
Arah berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi
3. Menurut
Lawannya :
a. Komunikasi Satu
Lawan Satu berbicara dengan lawan bicaras yang sama
banyaknya
cth:berbicara melalui telepon
b. Komunikasi Satu
Lawan Banyak (kelompok) berbicara antara satu orang dengan suatu
kelompok. Cth: introgasi maling dengan kelompok hansip
c. Kelompok Lawan
Kelompok berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain. Cth:
debat partai politik.
4.Menurut
Keresmiannya :
a. Komunikasi
Formal komunikasi yang berlangsung resmi.cth: rapat pemegang saham.
b. Komunikasi
Informal komunikasi yang tidak resmi, cth : berbicara antara teman.
Sumber :
1.
http://www.slideshare.net/guest81e510/pengertian-komunikasi
2.
http://www.lusa.web.id/unsur-unsur-komunikasi/
3.
http://www.anneahira.com/hambatan-hambatan-komunikasi.htm
1 comment:
kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)
Post a Comment