Monday, January 2, 2012

SISTEM PENJUALAN SEPATU FUTSAL, KOSTUM DAN JAKET BOLA ENGAN MENGGUNAKAN VB.NET


ABSTRAK

System penjualan merupakan system yang digunakan untuk mendukung proses penyimpana data-data barang yang disediakan maupun data-data dari hasil transaksi penjualan ke dalam database MySQL.

Perancangan ini membahas tentang basis data, dan perancanga form aplikasi. Tujuan adalah untuk membantu memberikan informasi dan mempermudah pencatatan data hasil transaksi. Adapun basis data yang digunakan adalah database MySQL dan Microsoft Visual Basic 2008 yang digunakan untuk membangun aplikasi berdasarkan perancangan system yang telah dibuat. System penjualan yang telah dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan dalam tahap perancangan, baik dalam perancangan system maupun perancangan aplikasi, walaupun masih terdapat kekurangan dalam beberapa hal.

Kata Kunci : Sistem, Penjualan, Sepatu Futsal, Kostum Bola, Jaket Bola, VB.Net.


PENDAHULUAN

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi dan computer kian bertambah pesat, terutama bidang computer. Perkembangan computer membantu memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan guna mendapatkan informasi yang lebih mudah dan cepat dilakukan.

            Dunia bisnis tidak terlepas dari kehidupan manusia. Dalam hal ini maka dibutuhkan penyesuaian. Untuk mengimbangi kemajuan teknologi dan computer, maka dunia bisnis harus menyesuaikan diri. Dalam perkembangan dunia bisnis, pelaku bisnis melakukan suatu kemudahan dan kecepatan waktu dalm prosesnya. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan para pelaku bisnis dalam usaha jual beli sehingga mendapatkan pencapaian yang maksimal. Berbicara dunia bisnis maka kita patut memperhatikan bisnis penjualan sepatu futsal dan kostum bola.

            Sepatu futsal, kostum, dan jaket bola sudah lazim dimiliki oleh setiap orang terutama kaum lelaki yang sangat mencintai sepakbola ataupun futsal. Dalam hal pembelian, para konsumen yang ingin membeli barang tersebut harus mengunjung outlet yang menjual barang ini.

              Dalam usaha penjualan sepatu futsal, kostum dan jaket bola ini, bagi pemeran bisnis yang membuka kios-kios untuk melakukan transaksia dibutuhkan suatu system pencatatan para pembeli. Balam proses ini sebagian besar usaha pencatatan saat ini masih menggunakan proses pencatatan manual. Tentu saja pencatatan manual ini banyak kekurangannya, karena laporan harus ditulis kembali kedalam buku induk. Sehingga kurang efisien dan banyak menguras waktu.

           System ini diawali dengan perancangan system yaitu dengan menggunakan UML, dikarenakan metode grafis yang relative mudah dipahami yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan program dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 2008 dan MySQL yang dapat diimplementasikan diberbagai bidang kebutuhan.

Metodologi Penulisan

Informasi yang dibutuhkan dalam perancangan, dilakukan studi untuk memperoleh data dilakukan juga kajian kepustakaan dengan mengumpulkan dam mempelajari bergabagi referensi dari berbagai buku dan internet, mengenai perancangan system, perancangan basis data, bahasa pemrograman Visual Basic 2008 berbasis .NET Framework dan database MySQL, sehingga dapat dijadikan landasan.

TINJAUAN PUSTAKA

Pengertian Aplikasi Penjualan

Menurut Whitten, aplikasi adalah proses dimana keperluan pengguna dirubah dari bahasa yang dimengerti oleh mesin computer kedalam bentuk paket perangkan lunak dan atau ke dalam spesifikasi pada computer yang berdasarkan system informasi.
            
Penjualan adalah proses pertukaran barang atau jasa yang bernilai sama atau seharga dengan barang atau jasa yang ditukarkan. Jadi aplikasi penjualan adalah sebuah program atau perangkat lunak yang menyediakan proses penjualan barang kepada konsumen.

UML (Unified Modeling Language)

Pengenalan UML

UML (Unified Modeling Language) pertama kali diperkenalakan pada tahun 1990-an oleh Grady Booch, Ivan Jacobson dan James Rumbaugh. UML merupakan metode pengembangan perangkat lunak dengan metode grafis yang sangat mudah dipahami. UML adalah sebuah bahasa yang telah menjadi standar dalam industry untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan system perangkat lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah system.

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

Dalam pembuatan system penjualan sepatu futsal, kostum dan jaket bola ini menggunakan MySQL. Tahapan dalam pembuatan aplikasi ini dari prosedur transaksi perancangan system, perancangan input dan output, implementasi dan spesifikasi computer. Tahapan yang perlu dilakukan adalah :

o   Prosedur Transaksi

Dalam aplikasi ini menjelaskan tentang dua kegiatan yang terjadi yaitu kegiatan seorang Admin dan Seorang Operator.

Mode Sebagai Admin

·         Admin melakukan DBLogin, maka admin harus mengisi nama Username ataupun Password serta memilih mode sebagai Admin atau Operator. Admin dalam hal ini berwenang untuk mengoperasikan semua menu yang terdapat dalam aplikasi ini. Menu tersebut meliputi, mencetak laporan, menambah data barang, menginput data transaksi penjualan, serta mencetak nota pembelian.
·        Setelah melakukan DBLogin maka admin masuk ke form utama. Dimana form ini terdapat dua tabpage, yaitu Tabpage Data Barang dan Tabpage Transaksi Barang serta satu buah groupbox untuk alporan serta tombol keluar.
·        Pilihan tombol disesuaikan dengan kondisi admin, apakah admin ingin menambahkan barang atau mengisi data transaksi ataupun hanya ingin melihat laporan. Missal jika admin ingin menambahkan jenis barang maka admin harus memilih Tabpage Data Barang. Pada tabpage ini terdiri dari 5 tombol yaitu Tambah, Ubah, Hapus, Cari, dan Refresh.
·       Apabila admin ingin menambahkan data Barang maka pilih tombol Tambah, kemudian user ingin mengubah data yang sudah tersedia maka pilih tombol ubah, jika admin ingin membatalkan proses maka memilih tombol refresh, jika admin ingin menghapus data maka admin memilih tombol hapus. Untuk keluar dari form ini, admin cukup memilih tombol keluar pada pojok kanan bawah.
·         Pada tabpage Data Barang, jika admin ingin menambahkan data-data Barang secara lengkap maka admin akan mengisikan textbox kode barang terlebih dahulu kemudian nama barang, merk, harga beli, harga jual dan stok lalu memilih tombol tambah. Jika admin ingin mengubah maka double click pada datagridview lalu ganti data kemudian memilih tombol ubah. Jika ingin menghapus memilih tombol hapus. Jika ingin membatalkan proses maka memilih tombol refresh.
·       Selain ke dua tabpage tersebut, admin juga dapat mengoperasikan tabpage lainnya yaitu Tabpage Transaksi Barang, tetapi akan dijelaskan dalam mode sebagai Operator. Berikut Penjelasannya.

Mode Sebagai Operator

·         Operator melakukan BDLogin, maka operator harus mengisi username ataupun password selayaknya admin melakukan pengoperasian. Namun, pada mode Operator hanya dapat mengoperasikan transaksi saja yaitu Tabpage Transaksi Barang. Selain itu operator juga dapat mencetak laporan yang nantinya akan diberikan kepada admin.
·        Setelah melakukan pengisian DBLogin, operator masuk ke form utama. Namun pada form ini diberi keterbatasan pengoperasian untuk menjaga keamanan sehingga hanyaTabpage Transaksi Barang saja yang diaktifkan. Untuk kelur dari aplikasi ini maka pilih tombol keluar.
·         Pada tabpage Transaksi terdiri dari 4 tombol yaitu tombol OK, Batal, >> dan Proses. Langkah awal mengoperasikan ini yaitu mengisi semua textbox dengan benar kemudian pilih tombol OK maka akan muncul total harga pada textbox. Jika ingin membeli barang yang lain, maka pilih tombol >> lalu akan masuk ke dalam datagrid pembelian. Tombol OK merupakan proses perkalian antara harga judal dengan jumlah barang yang diberi.
·    Setelah muncul total harga, operator dapat membatalkan pengoperasian ataupun melanjutkan pengoperasian. Jika ingin membatalkan maka pilih tombol batal, jika ingin melanjutkan maka pilih tombol proses dan akan masuk ke form pembayaran, di mana form ini nantinya akan mencetak nota pembelian.

Perancangan Sistem

Perancangan system pada aplikasi ini digunakan dengan menggunakan UML yang digunakan untuk merancang model sebuah system. Perancangan model system pada aplikasi ini digambarkan melalui Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram dan Activity Diagram.

           Pada diagram usercase ini terdapat tiga aktor, tetapi hanya dua aktor yang berperan aktif pada system ini yaitu operator dan admin. Operator melakukan login lalu menginput data barang yang dibeli oleh pembeli apakah stok barang masih tersedia atau tidak. Jika tersedia operator melanjutkan proses dan menginput data pembelian, lalu member nota pembelian kepada pembeli. Laporan penjualam akan diberikan kepada admin oleh operator. Admin melakukan login lalu memeriksa ketersediaan barang, menginput, lalu melakukan cek laporan yang telah diberikan oleh operator.

         Dalam diagram ini terlihar bahwa ada tiga buah actor yang berperan yaitu operator, pembeli dan admin. Dalam hal ini setelah melakukan login operator menginput data barang yang telah dibeli oleh pembeli. Di mana data tersebut akan tersimpan di suatu database data barang. Kemudian operator akan mencetak suatu nota pembelian yang akan diberikan kepada pembeli. Terlepas dari transaksi tersebut, seorang operator dapat menceak laporan hasil transaksi yang ditujukan kepada admin. Laporan ini dapat berupa laporan bulanan ataupun perhari. Pada diagram ini menggambarkan urutan system dari seorang Admin yang melakukan login terlebih dahulu, dilanjutkan dengan melakukan pengoprasian dalam program untuk melakukan pengimputan data barang. Disini admin bebas menentukan proses apayang akan dilakukan. Misalnya, mencek data barang, menambahkan stok barang dan apabila admintidak melakukan hal-hal tersebut, admin dapat langsung keluar dari aplikasi tersebut.

ACTIVITY DIAPHRAGM

Aktifitas awal dari proses ini dimulai oleh User dengan melakukan pengimputan data kemudian menentukan pengoprasian mana yang akan dipilih. Bila User memilih untuk melakukan transaksi maka User akan menginput data penjualan kemudian memproses perhitungan. Setelah pwrhitungan diproses, maka User akan mencetak nota yang ditujukan untuk si pembeli. Sedangkan bila User memilih pengoprasian terhadap laporan, maka user dapat mencetak laporan penjualan berdasarkan hari atau periode.

            Pada diagram ini terjadi aktivitas dari seorang admin mencek ketersediaan dari barang. Jika barang tidak tersedia maka admin memanagementkan data barang meliputi menambahkan data barang, menghapus, mengubah ataupun membatalkan pemrosesan misalnya dalam hal penghapusan. Sedangkan jika barang tersedia, maka admin tidak menambahkan barang.

STRUKTUR TABEL

Ada 3 tabel yang dibutuhkan dalam pembuatan system penjualan sepatu futsal, kostum dan jaket bola ini, anatara lain table user, table barang dan table transaksi barang. Semuanya ada di dalam sebuah database, yaitu database BecekSport.

TABEL USER

Tabel User digunakan untuk penyimpanan semua informasi tentang sepatu futsal, kostum dan jaket bola. Struktur tabelnya terdiri dari 9 field, yaitu:

TABEL TRANSAKSI BARANG

Tabel ini digunakan untuk menyimpan data-data saat transaksi penjualan barang strukturnya terdiri dari 8 field, yaitu:

RANCANGAN INPUT DAN OUTPUT PRAOGRAM

Rancangan Form Login

Form ini berguna untuk membuka jalan atau akses untuk masuk ke dalam database MySql dan form VB.Net yang lain. Form ini terdiri dari dua command button, dan label penjelasan dan isian data yang berbentuk Textbox serta satu combobox. Jika textboxt username dan textbox password diisi dengan benar dan sesuai dengan koneksi MySQL maka akan dibuka form selanjutnya yaitu form Utama. Jika salah atau ada kekurangan dalam pengisian text maka form ini akan mengeluarkan suatu message box dan otomatis tetap pada form login.

RANCANGAN FORM UTAMA

Form ini merupakan form utama dari aplikasi penjualan sepatu futsa. Form ini berisi 2 tab yang masing-masing tab dapat digunakan dan saling berhubungan. Tab-tab tersebut antara lain : Data Barang dan Transaksi Barang.

TABPAGE DATA BARANG

Form ini digunakan untuk menginput data-data sepatu futsal. Hanya admin yang dapat mengakses tabpage ini, admin melakukan penambahan data barang, pengubahan data barang, penghapusan serta pembatalan.

TABPAGE TRANSAKSI BARANG

Dalam Tabpage ini disediakan tombol untuk memproses, menginput data barang kedalam datagrid, keranjang, dan membatalkan perintah. Operator dapat mengnput data barang yang telah dibeli kemudian diproses, setelah proses selesai, maka dilanjutkan ke proses pencetakan nota pembelian.

IMPLEMENTASI

Pada tahap ini penulis menjelaskan pembuatan alikasi dengan mentransformasikan semua rancangan system dan rancangan database.

PEMBUATAN DATABASE DALAM MySQL

Berikut ini cara ringkas membuat database MySQL  yang berguna untuk meletakkan data yang telah diisi pada form yang terdapat pada VB.Net
Yaitu :
1.      Buka XAMPP, beri ceklist pada apache dan MySQL, kemudian button start pada keduanya.
2.      Klik Admin pada Apache, maka aa muncul web browser localhost.
3.      Di dalam localhost tersebut, pilih PhpMyAdmin pada menu tools di pojok bawah layar, kemudian akan muncul halaman PhpMyAdmin.
4.      Untuk membuat database baru, isi textbox misalnya database “beceksport”, di bawah label create new database, kemudian klik Create.
5.      Setelah klik create, akan muncul halaman untuk pembuatan tabel baru.
6.      Untuk membuat tabel baru, isi text box nama tabel dan textbox jumlah field-nya missal nya “tblUser, jmlah fieldnya : 4, kemudian klik go.
7.      Setelah klik go maka akan mucul halaman baru. Di dalam halaman baru ini, isi nama field, tipe data, panjang karakter tie data dan index-nya. Di bagian index, kita dapat memilih field mana yang akan dijadukan primarykey. Kemudian klik save.
8.      Lakukan hal yang sama untuk pembuatan TblBrang dan Tbl TransBarang.

PEMBUATAN KONEKSI ANTARA MySQL DENGAN VB.Net

untuk menghubungkan database ke form, digunakankode program yang dituliskan di dalam sebuah class. Langkah yang dlakukan adalah:
1.      Tambah project class dengan cara klik kanan pada project beceksport di jendela Solution Explorer.
2.      Pada kotak dialog Add New Item, beceksport, ketikan nama class yaitu “ClsKoneksi” ketikkan kode program dibawah ini :

Imports Microsoft.VisualBasic
Imports System.Data.Sql
Imports MySql.data.MySqlClient
Public Class Clskoneksi
            Protected tblUser = new DataTable
            Protected SQL As String
            Protected Cn As
MySql.Data.MySqlClient.MySqlConnection.
Protected Cmd As
MySql.Data.MySqlClient.MySqlCommand
Protected Da As
MySql.Data.SqlClient.MySqlDataAdapter
Protected Ds AsDataSet
Protected Dt As DataTable
Public Function OpenConn() As
Boolean
Cn = New
MySql.Data.MySqlClient.MySqlConnection(“server=localhost;uid=root;pwd=;database=beceksport;”)
Cn.Open()
If Cn.State<>ConnectionState.Open
Then
Return False
Else
Return True
End If
End Function
Public Sub CloseConn()
  If Not IsNothing(Cn) Then
Cn.Close()
Cn = Nothing
End If
End Sub
Public Function ExecuteQuery(ByVal Query As String) As DataTable
If Not OpenConn() Then
MsgBox(“KoneksiGagal”,MsgBoxStyle.Critical, “Access Failed”)
Return Nothing
Exit Function
End If
Cmd = New
MySql.Data.MySqlClient.MySqlCommand(Query, Cn)
Da = New
MySql.Data.MySqlClient.MySqlDataAdapter
Da.SelectCommand = Cmd
Ds = New Data.DataSet
Da.Fill(Ds)
Dt = Ds.Tables(o)
Return Dt
Dt = Nothing
Ds = Nothing
Da = Nothing
Cmd = Nothing
CloseConn()
End Function
Public Sub ExecuteNonQuery(ByVal Query As String)
If Not OpenConn() Then
MsgBox(“KoneksiGagal”, MsgBoxStyle.Critical, “Access Failed”)
Exit Sub
End If
Cmd = New
MySql.Data.MySqlClient.MySqlCommand
Cmd.Connection = Cn
Cmd.CommandType = CommandType.Text
Cmd.CommandText = Query
Cmd.ExecuteNonQuery()
Cmd = Nothing
CloseConn()
End Sub
End Class

Keterangan :
Baris 1 – 3 Mengakses perintah SQL dari pustaka.net Sistem.Data.Sql
Baris 4 – 11 Deklarasi turunan class yang akan digunakan
Baris 12 – 22 Membuat prosedur  global dengan nama OpenConn untuk mengkoneksikan ke database MySQL
Baris 23 – 28 Membuat prosedur global dengan nama CloseConn untuk memutuskan koneksi
Baris 29 – 49 Membuat prosedur global dengan nama Execute Query dengan parameter bernama Query bertipe string digunakan untuk menjalankan atau mengeksekusi fungsi DML (Data Manipulation Language) yang diterima
Baris 50 – 64 membuat prosedur global dengan nama Execute NonQuery dengan parameter bernama NonQuery bertipe string digunakan untuk menjalankan untuk mengeksekusi fungsi non DML (Data Manipulation Language) yang diterima.

Pembuat ODBC (Open Database Connectivity)

Untuk menghubungkan database dengan program atau form yang akandibuat, kita dapat menggunakan salah satu fasilitas koneksi ODBC (Open Database Connectivity). Sebelum menggunakan ODBC, kita harus mengaturnya terlebih dahulu pada Control Panel untuk OS Windows 7 Home Premium seperti dibawah ini :
1.      Klik menu Start, kemudian Control Panel.
2.      Klik System Security, Administrative tools.
3.     Setelah klik Data Sources (ODBC), maka akan muncul seperti ini. Setelah muncul, pilih tab System DSN kemudian klik button Add.
4.     Setelah klik Add, pilih MySQL ODBC 3.51 Driver, kemudian klik Finish, maka akan muncul Interface Connector/ODBC 3.51.28
5.      Isi interface tersebut.
·         Data Source Name, misalnya BecekSport.
·         Server :Localhost.
·         User : root.
·         Password (bersifatoptional, bolehdiisibolehtidak)
·         Database, misalnya BecekSport.
6.      Klik Test. Jika koneksi berhasil, klik OK.

Pembuatan Crystal Reports

Berikut ini adalah tutorial untukmembuat laporan di VB.NET 2008 menggunakan Crystal Report :
1)      Klik Start, Crystal Report lalu akan masuk ketampilan Welcome to Crystal Report. Pilih option As a Blank Report.
2)      Muncul Data Explorer, klik dua kali pada ODBC lalu pilih Data Source yang sudah dibuat pada ODBC driver yaitu beceksport. Kemudian expand beceksport tersebut hingga muncul table-tabelnya. Klik dua kali table yang akan digunakan.
3)      Klik tombol close.
4)      Akan muncul tampilan design, lalu atur desain sesuai ke inginan.

Dalam Crystal Report, nama field yang akan dimasukkan kedalam Report Designer tidak perlu diketik melainkan cukup di-drag serta dimasukkan ke dalam Report  Designer sehingga laporan akan secara otomatis muncul tanpa perlu membuatnya kembali.

Spesifikasi Komputer

Pada tahap ini menjelaskan spesifikasi system yang digunakan, pembuatan aplikasi dengan mentransformasikan semua rancangan system dan rancangan database.

Hardware yang digunakan
·         Intel Atom Inside ­TM Processor N450 (1.66 Ghz, 512 KB Cache)
·         Memori RAM 1024 MB
·         Hardisk 160 GB HDD
·         VGA Intel Graphics Media Accelerator 3150

Software yang digunakan
·         Sistem Operasi Windows 7 Home Premium
·         Microsoft Visual Basic 2008 MySQL
·         XAMPP 1.7.3
·         Crystal Reports 8.5
·         MySQL Connector ODBC 3.15

KESIMPULAN

Sistem Penjualan Sepatu Futsal, Kostum, dan Jaket Bola ini diperuntukan bagi User yang terdiri dari Admin dan Operator. Admin mempunyai wewenang dalam memeriksa ketersediaan barang, memanipulasi data barang, melakukan proses transaksi barang, dan mengecek laporan penjualan barang. Sedangkan Operator hanya dibatasi dalam proses transaksi barang.

         Sistem ini dirancang dan dibuat dengan tujuan untuk mempermudah proses pencatatan yang mendukung transaksi penjualan secara terkomputerisasi. Hasil yang didapat dari aplikasi ini berupa laporan penjualan barang dan nota pembelian barang.

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Ali, Visual Basic .NET BelajarPraktisMelaluiBerbagai Tutorial dan Tips, Informatika, Bandung, 2005.

Budiharto, Widodo, Visual Basic .NET 2005, PenerbitAndi, Yogyakarta, 2006.

Darmayuda, Ketut, Pemrograman Aplikasi Database Dengan Microsoft Visual Basic .NET 2008, Informatika, Bandung, 2009.

Hendrayudi, VB 2008 untuk Berbagai Keperluan PEMROGRAMAN, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2009.

Nugroho, Aryo&Smitdev Community, Mengimplementasikan SQL Server 2008, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008.

Ramadhan, Arief, Seri PenuntunPraktis VB.NET 2005, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2006.

Rizky, Soetam, PanduanBelajar SQL Server 2005, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008.

WahanaKomputer. PanduanAplikatif Dan Solusi: MembangunAplikasiTokodengan Visual Basic 2008, PenerbitAndi, Yogyakarta, 2009.




















Jawaban :
SISTEM PENJUALAN SEPATU FUTSAL, KOSTUM DAN JAKET BOLA ENGAN MENGGUNAKAN VB.NET
1.      Resume
Berdasarkan penulis, dengan berkembangnya zaman, penjualan barang barang dagangan bisa dilakukan melalui media internet. Penulis menjelaskan cara-cara untuk penjualan tersebut dengan menggunakan beberapa aplikasi-aplikasi. Dan juga bagaimana cara menghubungkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga saling berkesinambungan.
2.      Analisis:
a.       Bagian Pendahuluan
Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi dan kompter semakin berkembang. Dan dunia bisnis tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Maka dari itu,untuk mengimbangi perkembangan kemajuan teknoogi, maka dunia bisnis harus menyesuaikan diri.
b.      Tinjauan Pustaka
Aplikasi merupakan Proses dimana keperluan pengguna dirubah dari bahasa yang dimengerti oleh mesin computer kedalam perangakat lunak. Penjualan adalah proses pertukaran barang dan jasa yang bernilai sama dengan barang atau jasa yang ditukarkan. Jadi, aplikasi penjualan merupakan program yang menyediakan proses penjualan barang kepada konsumen.
c.    Metode penelitian
Penulis ingin menjelaskan bagaimana aplikasi tersebut dapat terhubung satu sama lain. Pertama dengan menyusun daftar barang apa saja yang akan dipublikasikan kepada konsumen. Kemudian membuat database dari daftar barang-barang tersebut dan merancang sebuah sistem penjualannya.
d.      Hasil dan Pembahasan
Penjualan yang dilakukan oleh “BecekSport” ini, Pemilik melakukan pembuatan daftar – daftar barang yang akan dijual kepada masyarakat. Lalu pemilik toko tersebut membuat database barang – barang yang akan dijual kedalam sebuah aplikasi. Lalu membuat rancangan untuk penjualan barang tersebut, dan mengkoneksikan nya kedalam internet untuk memasarkannya.
e.      Kesimpulan
Admin memiliki wewenang untuk memeriksa ketersediaan barang, melakukan proses transaksi barang, sedangkan operator dibatasi dalam proses transaksi barang saja. System juga dirancang untuk mempermudah proses transaksi penjualan dan pencatatan secara komputerisasi.



3.      Koherensi.
Dari isi jurnal diatas, koherensi antar paragraph dan alinea cukup baik dan bagus, karena tidak membuat para pembaca kebingungan dalam membaca nya. Karena tiap paragraph masih memiliki pembahasan yang sama.
4.      Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan :
-          Dalam penulisan ilmiah diatas sudah sangat jelas dari maksud dan tujuannya. Karena dari awal proses hingga akhir penjualan penulis sudah menjelaskannya secara mendetail sehingga meskipun masih banyak kata-kata yang tidak mudah untuk dimengerti
-          Kita dapat mencoba sendiri cara pembuatan database untuk penjualan barang – barang dagangan.
Kekurangan :
-          Bagi pembaca yang belum begitu mengerti tentang dunia IT, terdapat beberapa kata – kata yang  sulit dipahami, dan tidak ada rujukan arti dari kata – kata tersebut.

No comments: